Adakalanya tanda dari tubuh terabaikan oleh kita,alarm ini diberikan tubuh agar tubuh ataupun jiwa selalu dalam keadaan sehat,saat kelelahan umumnya tubuh memberikan sinyal lemes,otot bergerak lebih lambat dan sebagainya. Bila tanda yang diberikan dalam bentuk yang merugikan secara fisik biasanya disebut simtom(a) atau sipmtom.

Simtoma, gejala , simptom atau simtom (dalam penyakit) ialah pengindikasian keberadaan sesuatu penyakit atau gangguan kesehatan yang tidak diinginkan, berbentuk tanda-tanda atau ciri-ciri penyakit dan dapat dirasakan, seperti misalnya perasaan mual atau pusing.
Penyebab dari keberadaan atau yang menimbulkan simtom bisa berasal dari fisik ataupun fisiologis. Perasaan pusing dan mual bisa saja diakibatkan oleh efek tubuh yang berputar putar,terombang ambing dilaut atau main ayunan tetapi dapat diakibatkan oleh beban pikiran yang berat/tidak sesuai dengan kemampuannya.
Contoh lain pada saat banyak pekerjaan beban berat,mengejar target dll simpton yang timbul bisa mual,sakit perut, pusing, sakit kepala,merokok dll

Apa yang dimaksud dengan distress? Stress ada beberapa katagori
Berjangka pendek yaitu eustress umumnya memberikan efek menguatkan seperti stress saat pertandingan.Stress ini memberikan motivasi, kreatifitas, antusias …
Stress yang memberikan efek merugikan ada distress,hyperstress dan hypostress. Ini adalah stress yang insten dan perlu ditangani secara serius.

Disini hanya uraikan distress yang bersifat kronis artinya stress ini secara instens terus menerus dalam waktu lama bisa berminggu minggu ,berbulan bulan  atau bahkan tahunan , stress yang diakibat kan oleh  internal efek fisiologis dan eksternal.Tekanan yang tidak pernah berhenti dalam jangka waktu lama seringkali mengakibatkan pribadinya tidak menyadari akan ketidak sesuaian /keseimbangan.

Stress akan dirasakan oleh tubuh dan tidak pernah membedakan penyebabnya apakah faktor internal atau eksternal. yang dimaksud internal misalnya cara pandang terhadap satu situasi kemudian memaknainya misalnya berada gedung tinggi dilantai paling atas dengan sekeliling diding kaca,di respon sebagai tempat berbahaya tubuh memberikan sinyal stress pada fisik menurut pikiran dan perasaannya seperti gemetar ,lemas,pandangan kunan kunang dll.
Faktor eksternal kejadian yang dirasakan sebagai stress misal ujian kelulusan sarjana , sakit, bahkan pernikahan yang sebenarnya sangat di inginkan oleh semua orang.

Jadi suatu peristiwa dapat menjadi Harapan atau stress bergantung dari pemaknaàn emosi yang timbul. Kembali pada contoh diatas,yaitu pernikahan.
Bisa dimaknai sebagai stressor bila dimaknai sebagai beban ;biaya nya belum ada,setelah nikah tambah masalah,kebebasan berkurang dll.
Bagaimana sebagian orang bisa memaknai sebagai sebuah harapan ; enaknya …,senangnya…,mempunyai tujuan masa depan dll.

Sinyal dari tubuh tidak pernah membedakan dari mana asal muasal stress ini disebut sebagai simtom. Stress yang berkepanjangan akan mengganggu fisik seperti asam lambung meningkat, sering migran, tekanan darah tinggi/tidak stabil dan banyak lagi sakit fisik sebagai simtom adanya ketidak nyamanan mental. Beberapa kasus dokter tidak dapat menemukan penyebab kenyakit fisik walaupun dilakukan analisa secara laboratorium kimiawi/visual. Besar kemungkinan hal ini disebabkan penyakit mental.

 

Written by 

I.Hartaman praktek Hipnoterapi di Cikarang Barat,Kab Bekasi. Dengan perjanjian dapat melalukan terapi maupun konsultasi. I.Hartaman memberikan seminar teknologi pikiran untuk pelajar/siswa, teman serta kolega untuk mengatasi masalah keseharian. I.Hartaman mendapatkan Certified Hypnotherapist dengan menyelesaikan pendidikan 100 jam Scientific EEG and Clinical Hipnotherapy berstandar tinggi Adi W Gunawan Institute of Mind Technology Surabaya.