Terinspirasi oleh tulisan pak  guru …..yang menceritakan pengalaman  bagaimana seorang dokter yang sedang melanjutkan pendidikan S2 nya merasa sangat tertekan menjalani kuliahnya,padahal ini adalah tahun pertama dia menimba ilmu. Ada lagi  financial consultant berumur 40 th an merasa tersiksa dengan profesinya yang berpenghasilan besar . Sebagian besar dari kita akan terus menjalani kehidupan tersebut dengan berat karena merasa sudah terlanjur menjalaninya, kalau berhenti  tidak terbayangkan bagaimana susahnya memulai lagi kehidupan baru dari titik nol. Mereka meyatakan sebenarnya sudah terlanjur mencontoh dari saudara yang sukses tapi setelah dewasa menyadari itu adalah bukan hasratnya.

Ungkapan “jangan pernah menyerah…” ,” the winner never quit”,” jangan pernah berhenti mencoba “ ini adalah kata kata yang sangat dipercaya bisa membawa kita menuju kepada kesuksesan, keberhasilan ,kemakmuran , kebahagiaan yang diangan angankan. Seringkali  kita berfokus kepada tujuan saja sehingga segala daya dan upaya  jalan ditempuh menghiraukan perasaannya. Ketika muda kita begitu mudah terpukau dan silau oleh gemerlapnya kesuksesan bergelimang harta dengan mencontoh orang orang disekitar kita. Pesona seorang paman ,tante, tetangga,kakaknya teman dengan profesi yang dilakukan dan gelar yang disandangnya menutup mata hati dirinya sendiri akan hasrat dan kehendak mencapai kesuksesan yang sesungguhnya sesuai pribadinya.  Setelah menjalaninya baru terasa ada perasaan tidak nyaman ,malas , terasa berat menerima beban yang terus menerus dijalani setiap hari.

Sayangnya selama ini di sekolah formal tidak pernah ada pendidikan yang resmi merancang/merencanakan kehidupan dengan baik bagaimana cara menghargai diri sebagaimana Tuhan memberikan kemapuan yang lebih dari pada orang lain kepada dirinya, Value  adalah sesuatu, yang jauh dalam dirinya sangat dihargai sangat berharga tidak tergantikan. Ini lah GPS nya jalan kehidupan yang semestinya di lalui menuju keberhasilan dan kesuksesan yang tepat sasaran.

Apa yang harus dilakukan bila sudah terlanjur? “Menyerah ……….. “ yang saya maksud adalah menyerah dengan beban yang tidak sesuai dengan value anda. Mulailah merancang  kebebasan dan kesuksesan yang sesuai dengan dream anda hasrat anda sehingga setiap halangan rintangan bukanlah beban yang berat tetapi ujian kenaikan kelas yang menyenangkan. Bisa anda bayangkan seorang pendaki gunung begitu bersemangat dengan valuenya mencapai puncak Himalaya menghadapi badai, udara dingin, tebing terjal dengan resiko nyawa melayang demi mencapai kesuksesan menurut value dirinya semua latihan pelajaran dalam persiapan hingga perjalanan merupakan kesenangan belaka.

Hargailah karunia Tuhan yang sangat berharga atas diri yang selama ini telah terabaikan, walaupun seekor ayam bisa terbang rahmatNya diberikan untuk pandai berlari di tanah ketimbang mengepakan sayap diudara, kehebatan kerbau berenang tak seberapa dibandingkan kemampuan tenaganya di darat berlari membawa beban. Beitu pula dengan manusia ditakdirkan mempunyai perbedaan keahlian dan kemampuannya.

Menyerahlah  saja………capai value diri ….selamat sukses

 

Written by 

I.Hartaman praktek Hipnoterapi di Cikarang Barat,Kab Bekasi. Dengan perjanjian dapat melalukan terapi maupun konsultasi. I.Hartaman memberikan seminar teknologi pikiran untuk pelajar/siswa, teman serta kolega untuk mengatasi masalah keseharian. I.Hartaman mendapatkan Certified Hypnotherapist dengan menyelesaikan pendidikan 100 jam Scientific EEG and Clinical Hipnotherapy berstandar tinggi Adi W Gunawan Institute of Mind Technology Surabaya.