Melupakan trauma adalah hal sulit bagi orang yang mengalaminya karena diperlukan pemahaman akan emosi dan perasaan memaafkan atau menerima keadaan itu dengan besar hati. Salah satau cara yang mudah adalah melupakannya tapi bagaimana caranya?

Peristiwa yang menjadikan seorang manusia mengalami ketakutan,kecemasan,putus asa dana atau segala hal yang bermuatan emosi negatif/ tidak menguntungkan atau menggangu yang mengalaminya disebut pekajidian traumatik. Peristiwa ini bisa diakibatkan alam ataupun manusia secara tidak sengaja atau yang direncanakan/disengaja misalnya kecelakaan yang mengerikan, penganiayaan- peyiksaan, perkosaan dan lain sebagainya. Kejadian ini terus menerus terbayang bayang dalam kehidupan sehari hari orang tersebut.

Keadaan akan semakin memburuk bila keadaan lingkungan serta fisiknya juga tidak mendukungnya untuk melupakan kejadian traumatic tersebut. Daya ingat sesorang suadah terprogram hal yang diulang ulang akan semakin ingat akan hal tsb. Semakin orang bertanya semakin sering dia bercerita semakin kuat keberadaan trauma didalam memorynya. Teknik yang dikembangkan oleh Richard Bandler untuk menghilangkan Fobia telah dikembangkan oleh team AWGI menjadi XTC salah satu teknik untuk menghilangkan Trauma sehingga tidak dapat diakses lagi/dilupakan.

Dalam kondisi hypnosis klien dibawa untuk kembali mengakses memory traumanya tetapi dengan tanpa perasaan hanya seperti menonton dan kemudian menjadi actor peran utama. Setelah ingat akan skenarionya klien di minta untuk seperti meruksak film tersebut sehingga bila di jalankan film yang berisi trauma akan tidak jalan dan loncat ke track selanjutnya.Lebih jelas seperti ini.

Bila kita membeli disc flim biasanya film terdiri dari beberapa track,
• track satu pembukaan
• track dua kejadian awal cerita berangkat dari rumah
• track tiga terjadi tindak criminal yang mengakibatkan trauma
• track empat dirumah sakit
• track enam pulang ke rumah.

Teknik XTC akan membuat klien membuat ingatannya berjalan seperti ini
• track satu pembukaan
• track dua kejadian awal cerita berangkat dari rumah
• track empat dirumah sakit
• track enam pulang ke rumah.

Jadi klien berangkat kerumah sakit untuk melakukan sesuatu kemudian pulang kerumah. Sehingga trauma sudah tidak bisa lagi mempengaruhi dirinya karena telah “dilupakan” oleh memorynya. Teknik ini sangat berefektif dan bermedukung untuk klien klien yang mempunyai penyakit Jantung, tekann darah tinggi , stroke, epilepsy dan juga wanita hamil.

Hipnoterapi sangat berguna dan efektif untuk “menggobati” menbantu orang yang mengalami trauma yang menggangu kehidupan dirinya dan juga hal hal kecil seperti fobia – ketakutan yang tidak jelas sebabnya – tidak berani/percaya diri – gagap dan penyakit psikomatik lainnya.

Written by 

I.Hartaman praktek Hipnoterapi di Cikarang Barat,Kab Bekasi. Dengan perjanjian dapat melalukan terapi maupun konsultasi. I.Hartaman memberikan seminar teknologi pikiran untuk pelajar/siswa, teman serta kolega untuk mengatasi masalah keseharian. I.Hartaman mendapatkan Certified Hypnotherapist dengan menyelesaikan pendidikan 100 jam Scientific EEG and Clinical Hipnotherapy berstandar tinggi Adi W Gunawan Institute of Mind Technology Surabaya.