Sebuah buku resep masakan yang telah digunakan disimpan di lemari sehingga suatu saat nanti bila diperlukan, ketika koki akan membuat masakan yang jarang di hidangkan dan dia lupa cara membuatnya dapat di lihat kembali. Demikian juga dengan resep kehidupan anda kepahitan,kemarahan, kesedihan,kekecewaan yang disebabkan oleh seseorang atau suatu kejadian anda dapat melupakannya. Memang diperlukan waktu untuk dapat lupa sengat berkebalikan dengan rasa bahagia mudah sekali tidak ingat dan hilang rasa senangnya.

 

Koki terpicu oleh masakan akan dia buat tetapi kita manusia perasaan sedih , kecewa, marah,benci,putus asa,cemas semua yang hal tidak mengenakan itu akan terpicu oleh tindakan  ,kejadian yang mirip atau sama,atau oleh subjek yang sama pikiran kita secara otomatis akan mencari semua data tersebut… search ….dan terpampanglah nomor satu ….nomor dua …. seperti kita searching di internet.pikiran kita mencari pembenaran atas kejadian negative tadi. Akibatnya kita diingatkan kembali, dikuatkan perasaan perasaan tidak nyamannya sehingga kekecawaan,sedh,marah yang dirasakan menjadi semakin kuat dan makin hebat. Semua perasaan tidak nyaman ini ditolak tidak disetujui.

Bagaimana dengan memaafkan?

Ini adalah proses penerimaan, seorang yang tersunggur jatuh karena kursi ayang akan didudukinya digeser akan terlihat lucu bagi sebagian orang dan sebaliknya kejadian tersebut mengakibatkan marah,malu bagi orang yang mengalaminya. Terlihat bahwa suatu kejadian adalah netral tidak ada emosi tetapi karena dilihat dari sudat pandang yang berbeda sehingga menjadi 2 pandangan atas kejadian tersebut marah dan lucu. Pemahaman memaafkan adalah merubah rasa marah tadi menjadi netral tidak sehingga pribadinya tidak terganggu atas kejadian tersebut. Dia ingat dan paham betul kejadiannya sehingga kalaupun ada pemicu dilain waktu bukan merupakan penguatan atas kejadian lanjutannya.

 

Memaafkan bekan berarti melupakan, ini proses pemurnian perasaan untuk kembali kapada fitrahnya.Semakin banyak kejadian negative ditimbun resiko meledak dan merusak jiwa dikemudian hari akan semain besar.

Written by 

I.Hartaman praktek Hipnoterapi di Cikarang Barat,Kab Bekasi. Dengan perjanjian dapat melalukan terapi maupun konsultasi. I.Hartaman memberikan seminar teknologi pikiran untuk pelajar/siswa, teman serta kolega untuk mengatasi masalah keseharian. I.Hartaman mendapatkan Certified Hypnotherapist dengan menyelesaikan pendidikan 100 jam Scientific EEG and Clinical Hipnotherapy berstandar tinggi Adi W Gunawan Institute of Mind Technology Surabaya.