Dalam benak anda mungkin terbersit khayalan seokor kucing yang menakutkan tetapi kabur gambarnya atau bertanya tanya kenapa bisa menakutkan? Ini adalah pemikiran umum yang dirasakan kebanyakan orang. Tetapi ada sebagian orang lagi mendengar suara mengeongnya binatang berkumis banyak, berkuku serta bertaring ini sungguh menakutkan, hal ini membuat kita merasa geli mendengarnya. Lebih banyak lagi orang yang merasa takut kecoa dan tikus yang berlebihan walaupun sebagian besar di derita oleh kaum hawa.

Ketakutan yang berlebihan terhadap sesuatu barang baik yang bernyawa ataupun benda mati secara terus menerus dan diluar norma norma umum disebut fobia, lain halnya bila memang secara norma umum hal tersebut harus ditakutkan, ular contohnya. Ular patut ditakuti dengan tingkatan wajar, kalaa sudah berlebihan maka disebut juga fobia ular. Yang dimaksud berlebihan seperti melihat gambarnya saja sudah ngeri/takut, melihat dalam kandang kaca yang aman juga takut bahkan mendengar kata ular saja sudah merinding.

Apa penyebab terjadinya phobia?

Banyak faktor yang dapat menyebabkan seseorang menjadi/mengalami perasaan  fobia terhadap suatu benda, yaitu kejadian yang dialami dan emosi yang timbul akibat dari data pemahaman terhadap benda tersebut kurang atau salah sehingga sifat dasarnya timbul yaitu reaksi  sinyal perlindungan diri. Sinyal perlindungan diri ini berupa perasaan takut sebagai informasi adanya ancaman sehingga dia menjadi waspada dan menghindar dari kemungkinan bahaya tersebut.

Kembali kemasalah kucing yang menakutkan, ini adalah phobia bagi orang orang tertentu dan kemungkinan akan banyak membuat masalah sebab kucing untuk sebagian lagi orang adalah hewan yang disayang dan lucu. Banyak barang dan hewan yang menjadi sosok menakutkan seperti fobia ular, kecoa,ayam,daging, bulu unggas, gelap,ulat jarum, garpu masih bayak lagi kalua dianalisa secara logika  pikiran sadar tidak masuk akal. Tetapi demikian keadaan actual yang terjadi.

Untuk menyembuhkan fobia diperlukan kesadaran  untuk menjangkau rerasaan takut ,geli,cemas dll, emosi yang dirasakan dan berada  jauh didalam sanubari anda kemudian dicari penyebab terjadinya kesalah pemahaman terhadap kejadian yang mengakibatkan timbulnya emosi tadi. Dan bila sudah ditemukan kejadian paling awal, anda harus pahami bahwa pemahaman awal dulu dan sampai saat ini disimpan adalah tidak tepat dan harus diganti dengan pemahaman yang baru. Contoh pada usia 3 th anda di cakar kucing dan terluka sakit karena usia masih sangat muda , data yang dipunya tidak cukup maka di simpulkan kucing biantang melukai dan datanya disimpan dimemory anda. Seiring dengan waktu terjadi lagi diusia 5 th ada kucing loncat kena muka , datanya dikuatkan lagi kucing bintang melukai dan melompat mancakar muka diberi label binatang yang perlu dijauhi terus menerus dikuatkan seiring dengan usianya. Terjadilah fobia kucing. Pemahaman ini anda harus ganti semuanya dari mulai pemahaman di usia 3 th sampai saat ini.

Itulah yang dilakukan seorang hipnoterapis, dia membimbing anda mencari kejadian paling awal penyebab timbulnya emosi dan mencari apa pemahaman yang tersimpan saat pertama terjadi dan pemahaman lanjutannya yang tersimpan di memorynya hingga saat ini. Selanjutnya Terapis akan membantu anda merubah pemahaman kurang tepat tadi dengan pemahaman baru yang akan membuat anda menjalani kehidupan saat ini lebih nyaman.

 

Written by 

I.Hartaman praktek Hipnoterapi di Cikarang Barat,Kab Bekasi. Dengan perjanjian dapat melalukan terapi maupun konsultasi. I.Hartaman memberikan seminar teknologi pikiran untuk pelajar/siswa, teman serta kolega untuk mengatasi masalah keseharian. I.Hartaman mendapatkan Certified Hypnotherapist dengan menyelesaikan pendidikan 100 jam Scientific EEG and Clinical Hipnotherapy berstandar tinggi Adi W Gunawan Institute of Mind Technology Surabaya.