Awal bulan Maret 2017 ini seorang pelajar mengalami kesulitan untuk konsentrasi saat belajar menghadapi ujian akhir SMU, saat ini dia kelas XII akan menghadapi UAN adan Ujian masuk perguruan tinggi. Seperti  kebanyakan pelajar saat ini selain sekolah dan tambahan pelajaran di sekolah dia pun telah mengikuti bimbingan belajar di lembaga pendidikan khusus. Memang hasil yang didapatkan selama ini telah jauh berbeda dengan sebelumnya,tetapi perasaan khawatir yang dirasakan cukup mengganggu konsentrasinya.

Ra sebut saja nama pelajar ini berumur 18th, memutuskan untuk menghilangkan perasaan takutnya dengan hipnoterapi. Terapi dilakukan sesuai prosedur adalah dengan menggali informasi (intake form) untuk mem perlancar proses terapi  klien kemudian  pendalaman dengan cara wawancara dan dilanjutkan dengan edukasi klien.

Pada saat proses terapi inilah diketahui bahwa perasaan khawatir ini sebenarnya adalahh berasal dari perasaan takut, memang kita kadang agak sulit membedakan antara khawatir dan takut bila dalam keadaan sadar. Pikiran bawah sadar Ra menjelaskan bahwa khawatir ini bermula ketika suatu malam pada saat Ra berumur 17 th, berarti setahun sebelumnya ketika sedang sendiri dirumah dalam kamar  tidurnya saat ini.

Setelah dipastikan dengan teknik tersendiri dalam ilmu hipnoterapi , pangkal dari perasaan khawatir ini adalah perasaan takut pada saat kejadian tersebut pikiran bawah sadar Ra  di edukasi agar memahami dan tidak perlu takut karena hal hal gaib. Pikiran bawah sadar Ra mengerti dan bersedia untuk tidak lagi takut akan suara suara seperti yang disebutkannya tadi. Dalam keadaan Trance Ra bisa di ajak untuk mengingat dan merasakan kembali  hal hal yang sudah berlalu dan mungkin seperti dilupakan oleh pikiran sadarnya.

Saya akan memberikan ilustrasi begini, saat pertama anda menonton film  perasaan/emosi anda akan bergejolak , kadang tegang, kemudian sedih , marah dan lain sebagainya sesuai dengan alur ceritanya sehingga membuat kesan yang kuat dalam diri. setelah selesai berapa tahun kemudian anda membeli DVD/Bluray film tersebut .

Bagaimana perasaan ketika nonton film tersebut ?

Tidak seperti saat  menyaksikan tayangan film pertama kali ,emosi dan perasaan cenderung datar karena anda sudah tahu alur cerita dan  kejadian yang akan terjadi setelah adegan yang disaksikan. Emosinya berkurang, demikian juga dengan Ra hal seperti ini yang dirasakan ketika kembali membayangkan ada suara yang memukul mukul tembok seperti yang diceritakan diatas.

Setelah seminggu konsentrasi Ra sudah membaik dan perasaan khawtirnya menghadapi ujian sudah hilang dia bisa belajar dan menghafal pelajaran dengan tenang .

Written by 

I.Hartaman praktek Hipnoterapi di Cikarang Barat,Kab Bekasi. Dengan perjanjian dapat melalukan terapi maupun konsultasi. I.Hartaman memberikan seminar teknologi pikiran untuk pelajar/siswa, teman serta kolega untuk mengatasi masalah keseharian. I.Hartaman mendapatkan Certified Hypnotherapist dengan menyelesaikan pendidikan 100 jam Scientific EEG and Clinical Hipnotherapy berstandar tinggi Adi W Gunawan Institute of Mind Technology Surabaya.