Siapa diri anda, saya atau dia adalah Personal yang unik, jati diri pada saat ini karena dilain waktu akan menjadi peronal yang berbeda,misalnya di dikantor bisa jadi seorang yang pendiam sesaat setelah usai jam kerja menjadi manusia dengan penuh humor dan banyak bicara. Hal ini disebabkan oleh Ego Personality aktif disaat waktu kejadian tersebut.
Dalam buku Ego Psychology  and The Psychoses buah pemikiran Paul Federn beserta bukunya Edoardo Weiss yang berjudul The structure and Dynamics of The Human Mind menjadi cikal bakal  teori Ego Personality yang dikembangkan oleh John Wattkins  (buku The miracle of Mind Body Medecine- DR Adi W Gunawan). Teori Ego Personality menganut pemahaman bahwa kepribadian manusia terdiri dari banyak Bagian Diri yang terpisah. Setiap Bagian Diri ini berlaku sebagai seorang “manusia” dengan kepridian ,sikap,kebiasaan,cara berpikir,memori,emosi,pengetahuan,kecakapan dan bahkan mempunyai kondisi kesehatannya sendiri.

Bagian Diri atau Ego Personality dapat tercipta dengan beberapa cara

  • Normal differentiation
  • Trauma
  • Identifikasi
  • Muncul sendiri untuk melaksanakan suatu tujuan
  • Akibat bembelajaran
  • Diciptakan sengaja melalui sugesti

Ego state terjadi secara normal differentiation disebabkan diri kita dihadapkan persoalan misalnya obat pahit dengan manisnya permen pada saat pertama sekali kemungkinan besar adalah saat kecil. Sebelumnya dalam diri anak ini belum ada ego state suka manisnya gula  dan tidak suka obat. Sehingga tercipta dua ego state yang berbeda.

Ego state yang terjadi disebabkan oleh pengalaman traumatic biasa disebut dengan Alter atau Part. Karena dia di terbentuk berladaskan emosi negative sifat dan perilakunya kurang mendukung  kebaikan dan kebahagian dirinya.

Ego Perosality dibentuk secara identifikasi adalah dia menjiplak seseorang bahkan sampai kepada kondisi kesehatannya, seorang anak setiap hari menonton televisi kartun upin ipin misalnya dia menjiplak tingkah laku cara berkata tatakrama sopan santunnya..dsb.

Ego Personality yang muncul sendiri seringkali tidak dapat diketahui keberadaannya dan parahnya diruang terapi Part ini mempunyai pemahaman yang salah atas suatu kondisi sehingga menimbulkan masalah dalam diri klien.

Ego Personality pesilat adalah contoh akibat pembelajaran

Sugesti bisa dilakukan leh siapa saja selama dia mempunyai otoritas terhadap klien contohnya orang tua, guru, ustad dll
Bagaimana persoalan pertama pada saat satu Ego Personality aktif maka yang lain “tidak aktf”. Untuk memudahkan disebut Execitive Egp Personality (aktif) dan Underlying untuk Ego Personality tidak aktif. Layaknya sebuah computer pada saat kita mengaktifkan satu program sebetulnya ada banyak program yang aktif berjalan memonitor kadang kadang tiba tiba muncul memberikan usulan.

Jadi pada saat Ego Personality humoris yang aktif dia kan ceria namun kemudian digantikan Ego Pesonality bos dia menjadi jaim dan tidak banyak bicara. Ego Pesoality sehat akan terasa bugar tubuhnya.

Ego personality pun mempunyai hirarki jadi ada  ego state  berposisi di atas yang lain juga ada yang bersifat provokator dia mengarahkan ,memerintahkan Ego Personality lain untuk melakukan sesuatu sesuai dengan keinginan dia umumnya bertujuan negative.

Jadi siapun anda adalah hanya sebagian dari  jati diri secara keseluruhan yang terlihat pada saat ini pada kondisi ini .

 

Written by 

I.Hartaman praktek Hipnoterapi di Cikarang Barat,Kab Bekasi. Dengan perjanjian dapat melalukan terapi maupun konsultasi. I.Hartaman memberikan seminar teknologi pikiran untuk pelajar/siswa, teman serta kolega untuk mengatasi masalah keseharian. I.Hartaman mendapatkan Certified Hypnotherapist dengan menyelesaikan pendidikan 100 jam Scientific EEG and Clinical Hipnotherapy berstandar tinggi Adi W Gunawan Institute of Mind Technology Surabaya.